RSS

Cara Membuat Nasi tanpa MagiCom

Assalaamualaikum



Posting pertama di blog ini, mau berbagi yang simple-simple ajah, yang mungkin hampir sebagian orang sudah tau. Jaman sekarang segala sesuatu serba instan, sampai bikin nasi puns sudah ada alatnya yang kita kenal sebagai Magic Com. Nah, di post ini saya tidak akan menceritakan bagaimana membuat nasi menggunakan Magic Com, cuma sedikit mau mengingatkan cara membuat nasi secara manual.



Pertama kali saya belajar bikin nasi itu waktu saya masih SD kelas 5 an, yah sekitar 12 tahun yang lalu. Saya lupa waktu itu udah ada magic com atau belum tapi teknologi rice cooker kalau nggak salah udah ada. Saya diajarin sama ibu saya proses dari membersihkan nasi sampai menanaknya.
Nah, yang harus disiapin buat bikin nasi manual adalah:
1. Beras
2. Panci untuk merebus
3. Air
4. Kukusan

* Langkah pertama yang diharuskan adalah mencuci beras. Saya pernah diberitahu kalau kita mencuci beras jangan sampai terlalu bersih. Jangan sampai airnya jadi benar-benar bening karena semua nutrisinya artinya sudah ikut terbuang. Bahkan kalau saya cuma bikin dikit aja, biasanya saya hanya sekali cuci dan airnya masi lumayan butek waktu mau di rebus.



* Selesai mencuci beras, beras direbus dengan takaran air kurang lebih setinggi satu ruas jari telunjuk. Jangan gunakan api yang besar karena bagian bawahnya akan cepat gosong. Yang kedua jangan ditinggal ngapa-ngapain dulu. Sambil merebus air bisa juga sambil disiapkan merebus air untuk kukusan, supaya waktu lebih efisien. Menjelang air mendidih, aduk-aduk beras supaya tidak gosong bawahnya. setelah kira-kira tidak berwujud beras, matikan api. Jangan sampai airnya abis ya sodara-sodara, dijamin gosong bawahnya kalau keabisan air.



* Angkat nasi yang masih setengah matang. Tunggu air dikukusan mendidih, kemudian masukan nasi setengah matang ke dalam kukusan. Kukus sekitar kurang lebih 30 menit atau sampai pulen.
* Setelah pulen, matikan api. Angkat nasi, pindahkan ke tempat yang diinginkan.
*Selesaaai.

Coba deh dirasain, menurut saya sih rasanya lebih enak dibandingin kita bikin pakai magic com. Emang lebih repot dikitlah, tapi kalau hasilnya lebih sehat dan lebih enak nggak masalah kan :)
Sekian share pertama saya, semoga bermanfaat.

Assalaamualaikum

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Unknown said...

its greating. . . i like it. thankyou

Engwang dwi said...

Good

Post a Comment